Thursday, October 16, 2014

Potensi

     Apa kabar? Sehat? Apa kalian baikbaik saja? Cuaca lagi labil nih, udah Oktober juga belom musim hujan. Metabolisme badan juga bingung mau lindungin badan dari cuaca panas atau dari flu. Skip! Bukan itu yang gua mau omongin kali ini. Gua mau ngomongin tentang potensi diri. Kalian mungkin udah banyak denger kata ini dari judul lagu, artikel, atau apapun diluar sana. Disini gua cuman mau ngingetin apa pentingnya temuin potensi lo.

     Setiap manusia yang diciptakan tuhan itu pasti punya potensi dan bakatnya masing-masing. Gapeduli lo mau kaya tau miskin, mau item atau putih, mau ganteng/cantik, lo semua punya bakat da potensi terpendam dalam diri lo.bakat itu tersembunyi dan lo harus cari itu sendiri, sama diri lo sendiri.

     Disini gua cuman mau bagi tips biar lo semua bisa nemuin potensi diri lo. Terima ga terima lo semua udah terlanjur baca kan? Mending lanjutin sampe abis.

     Satu. Cari tau lo punya bakat dari hal apa. Orang yang paling tau diri lo itu diri lo sendiri bro. Lo yang megang kendali dalam diri lo. Sebaiknya lo cari tau potensi dalam diri lo itu apa, lo kembangin dan lo jadiin itu keunggulan lo dari orang lain. Kalo lari lo cepet, lo bisa jadi pengejar jambret. Kalo lo jago gambar lo bisa jadi tukang sketsa DPO. kalo lo jago ngomong lo bisa jadi sales obat. Tapi itu semua tergantung lo semua sih mau jadi apa juga tapi kalo lo lakuin sesuatu sesuai potensi, lo bisa jadi lebih maksimal dalam hal itu bro!




     Dua. lo banyak dipuji orang waktu lo lakuin hal apa. Lo semua pasti pernah dipuji orang kan? inget inget lo dapet pujian waktu lo ngapain. Misal waktu lo nyanyi lo dapet pujian, tapi bro kan bakat nyanyi itu bakat yang mainstream? ya lo tinggal lo kreasiin aja bakat lo itu. Coba lo nyanyi sambil minum. Bisa gak? Pujian dari orang lain itu nunjukin lo mampu lakuin sesuatu dengan baik. Tapi zaman sekarang banyak orang muji cuman jadi penjilat. Sini yok main jilat jilatan sama gua.


     Tiga. Hobbi lo apa. Misal lo hobi berenang di kolam anak anak, mungkin aja lo punya potensi jadi pedofil. Tapi usahain lo punya hobi positif lah bro, kaya olahraga, bisnis, bikin karya d.l.l sukur sukur hobi lo itu belajar. Udah langka banget nemuin tulisan di kolom hobi  di binder tulisannya "belajar". Asik jadi flashback awal 2000an nih masih tukeran isi binder. Kalo lo sebut hobi lo tidur, nongkrong yang semacem itu itu bukan hobi! Itu cuman perwujudan rasa males yang bisa ngendaliin diri lo.


     Empat. cita cita lo. Siapa sih orang yang ga punya cita-cita? Entah waktu kecil lo mau jadi polisi,presiden, guru, tentara, pilot, dokter, petugas pom. Petugas pom? Ko ada anak-anak yang punya cita-cita jadi petugas pom? Soalnya selalu pegang duit banyak. skip! Dengan cita cita lo bisa dorong diri lo dari batas yang lo bisa. Ya kaya film film sih dengan kekuatan semangat lo bisa kalahin segalanya.

     Yap, segitu doang ya hari ini. intinya jadilah iri lo sendiri dan gali potensi yang ada dalam diri lo agar hidup lo bisa lebih maju. Mungkin besok gua bisa bikin artikel artikel yang lebih berguna. aloha!


No comments:

Post a Comment